IMG-LOGO

Profil Masyarakat Desa

Create By 22 July 2020 8 Views

Berdasarkan update data penduduk melalui aplikasi Sistem Kependudukan Desa sampai dengan awal tahun 2020, jumlah penduduk Desa Menoreh berjumlah 8.029 jiwa.


Profil sosial masyarakat

Mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Menoreh bergerak dibidang pertanian sebagian lagi bergerak dibidang jasa, perdagangan, dan sektor formal. Permasalahan yang sering muncul berkaitan dengan mata pencaharian penduduk adalah terbatasnya lapangan pekerjaan yang sesuai dengan tingkat perkembangan penduduk sebagaimana tertuang dalam perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Magelang. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan desa adalah melakukan usaha perluasan kesempatan kerja dengan melakukan penguatan modal dan fasilitasi sebagai modal untuk pengembangan usaha khusunya di ekonomi produktif.

Tingkat angka kemiskinan Desa Menoreh yang masih cukup tinggi menjadikan Desa Menoreh harus mencari peluang lain yang dapat menunjang peningkatan taraf ekonomi masyarakat. Banyaknya kegiatan ormas di Desa Menoreh seperti RT, LPMD, PKK, Karang Taruna, Remaja Masjid, Jamiyah Yasin, Kelompok Selapanan, Kelompok Kesenian, Posyandu, Kelompok Arisan, Kelompok Tani, Kelompok Ternak, dll merupakan aset desa yang bermanfaat untuk dijadikan media penyampaian informasi

 

Sumber:

RPJMDes Tahun 2020-2025.